Senin, 09 Juli 2012

Cara menyimpa data secar otomatis di Ms. word 2007

Cara menyimpan dokumen secara otomatis di word 2007


Panik, kecewa, sedih, … itulah hal yang kita rasakan ketika ketikan atau data yang baru saja diketik dan belum disimpan atau di save tiba-tiba computer mati sendiri secara paksa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu yang kebanyakan disebabkan oleh listrik padam atau windows mengalami crash. Apalagi data yang telah diketik mencapai banyak halaman, alamak … begitu tragis dan menyedihkan …. Alamat mengetik ulang semua kata dan tulisan buah pikiran yang telah bekerja keras merangkai kata dan menyusun kalimat.

Tentu anda tidak menginginkan hal tersebut terulang lagi atau minimal melakukan tindakan pencegahan agar data atau ketikan tidak hilang saat computer mati karena listrik padam atau sebab yang lain. Pada Microsoft Office seperti ms word, excel, dll telah terdapat fasilitas auto recovery yang berfungsi untuk menyimpan file atau data secara otomatis secara berkala. Secara berkala dikarenakan pada interval waktu tertentu ( secara default selama 10 menit) ms word, excel akan melakukan perintah menyimpan secara otomatis. Oleh karena pentingnya fitur auto recovery ini maka sebaiknya diaktifkan saja.

Untuk mengatur auto recovery pada Ms Office 2007, dalam hal ini Ms word 2007 dapat diikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Ms Word 2007
  2. Klik Office button pada bagian kiri atas dari jendela MS Word anda kemudian pilih Word Options.

    Word options
  3. Pada jendela Word Options yang muncul klik Save
  4. Pada panel sebelah kanan pastikan pada pilihan Save AutoRecover Information Everyminutes telah dicentang atau dipilih

    Office Auto recovery
  5. Atur waktu interval Ms word anda melakukan perintah save secara otomatis. Secara default terisi 10 menit. Atur menjadi 5 menit saja, jangan terlalu cepat seperti 1 menit karena akan menyebabkan computer berjalan lebih lambat.
  6. Klik OK
menyimpan data secara otomatis

Dengan demikian setiap interval waktu 5 menit Ms Word akan melakukan perintah save secara otomatis sehingga jikalau terjadi listrik mati secara mendadak maka masih ada dan banyak data yang bisa terselamatkan, tanpa harus melakukan mengetik ulang. Yang anda lakukan hanyalah membuka program Ms Word 2007, maka akan terdapat jendela auto recovery di sebelah kiri Ms Word anda. Klik dan akan terbuka pekerjaan anda yang belum sempat anda save tadi. Semoga bermanfaat bagi semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar