Senin, 09 Juli 2012

Cara menyimpan data di Ms. Word

Cara menyimpan file atau dokumen yang baru dibuat


Membuat dokumen merupakan hal yang cukup menguras tenaga, pikiran serta membutuhkan keahlian tertentu walaupun hanya dilakukan dengan duduk didepan komputer. Bahkan akan sangat mengecewakan lagi ketika pekerjaan sudah setengah jalan tiba-tiba listrik padam, haduuuh … Akan sangat disayangkan apabila data yang telah dibuat dengan susah payah tersebut tidak disimpan, karena pada suatu saat nanti akan kita butuhkan lagi.
Oleh karena itu data tersebut memang seharusnyalah kita simpan agar suatu saat kita bisa menggunakannya kembali, tanpa harus membuat mulai dari awal. Rata-rata cara menyimpan file yang baru saja dibuat di berbagai macam program seperti Ms Word, Ms Excel, Power point, Photoshop, CorelDraw dan program-program lainnya mempunyai langkah yang sama, yaitu :
  1. Klik Menu File kemudian pilih Save atau Save As. Atau menggunakan cara cepat perintah menyimpan dokumen dengan menekan tombol Ctrl + S.
  2. Muncul jendela Save As. Pilih drive / folder tempat anda menyimpan file pada Save in dengan klik tombol drop down. Saran : Sebaiknya dokumen disimpan pada drive atau folder selain di Drive C (Drive system windows) karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada komputer dan harus install ulang, maka dokumen atau file anda akan tetap selamat.
  3. Ketikkan nama file yang akan disimpan tersebut pada File name. Sebaiknya nama file menggambarkan isi file tersebut.
  4. Pilih juga save as type sesuai dengan pilihan yang anda kehendaki
  5. Langkah terakhir adalah klik Save

    menyimpan dokumen atau file
Demikian Tips sederhana dan ringan kali ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar